Thursday, 15 October 2015

Refleksi Kekesalan Anggota Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Pringsewu Terhadap Zulmar Ketua Koperasi Sementara

Filled under:

Refleksi kekesalan anggota Koperasi Berkah Mandiri Pringsewu

Maka sebagian anggota menulis pengumuman yang merupakan kesepakan sekaligus refleksi kekesalan mereka; bahwa anggota akan berkumpul lagi untuk menanyakan kejelasan Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Pringsewu pada hari Sabtu 17 Oktober 2014 kepada ketua koperasi sementara.


Kasus investasi bodong Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Sejahtera Cikarang membuat geger seantero Cikarang. Sebenarnya Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Pringsewu pun sama bahkan untuk Pringsewu ini lebih parah. Mengapa? Jika Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Sejahtera Cikarang hanya merugikan anggota sebelas milyar sementara untuk Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Pringsewu masuk ratusan milyar. Di Pringsewu sendiri konsisi ini sudah mulai bergolak,semenjak pergantian ketua Koperasi Serba Usaha Berkah Madiri Pringsewu Edi Apri Rahman ke Zulmar. Praktis tidak ada perkembangan signifikan yang mengidikasikan semua akan membaik, bahkan informasi dari berapa anggota Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Pringsewu bahwa dana yang tersisa dari 1,7 milyar sekarang ini tersisa hanya 400 juta.


Cukup parah memang, dan isu ini telah diterima anggota beberapa hari lalu. Untuk Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Pringsewu memang anggotanya masuk dalam katagori sabar, setelah ditipu habis-habisan oleh Edi Apri Rahman. Ketua yang sekarang ini pun menurut informasi yang diterima bahwa pihak koperasi telah menggunakan uang simpanan wajib dan simpanan pokok anggota sebesar kurang lebih 700 juta dan itu bermasalah; inikah lebih dari edan. Setelah tertipu program cashback masih sekarang ini ditambah dengan program koperasi abal-abal yang cenderung menghabiskan uang anggota sesi yang kedua. Kasihan anggota kopersi ini.

Memang ada sebagian anggota yang bergerak untuk memperbaiki itu semua walaupun tidak hanya segelintir orang saja. Paling tidak minggu kemarin anggota koperasi yang berada disekitar wilayah Pringombo sempat menanyakan tentang dana koperasi yang dipindah tangankan oleh Zulmar ketua koperasi sementara. Sementara waktu ini Ketua Koperasi Serba Usaha ketika ditanya uang yang tiga milyar dia mengatakan tidak mau mengembalikan dengan alasan apapun. Beberapa Hari Kemudian beberapa anggota koperasi menanyakan hal yang sama dan hasilnya pun sama Zulmar ketua koperasi sementara menjawab bahwa uang yang diambil tidak akan dikembalikan dan diikuti dengan adu mulut berikutnya.

Sebagitu panjang masalah Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Pringsewu ini membuat anggota gerah. Sampai hari kemarin muncul sms (short message service) yang dikirim olah orang yang tidak dikenal intinya meminta anggota agar berkumpul di Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Pringsewu untuk membicarakan kelanjutan koperasi pada hari kami 14 Oktober 2015. Tetapi setelah beberapa orang datang tidak satu penguruspun sampai sebagian anggota pulang. Pada siang hari tidak ada kepastian pengurus dan jajaranya, sementara karyawan yang ada lantas menutup gerbang koperasi. Semua ini membuat anggota koperasi menjadi semakin gerah setelah Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Pringsewu beroperasi dengan tidak jelas penguruspun tidak karu-karuan hari ini mereka merasa dipermainkan.

Maka sebagian anggota menulis pengumuman yang merupakan kesepakan sekaligus refleksi kekesalan mereka; bahwa anggota akan berkumpul lagi untuk menanyakan kejelasan Koperasi Serba Usaha Berkah Mandiri Pringsewu pada hari Sabtu 17 Oktober 2014 kepada ketua koperasi sementara.

0 comments:

Post a Comment